3. Communication Diagram

Communication Diagram

Communication diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.


Collaboration Diagrams (Dinamis), Diagram kolaborasi adalah diagram interaksi yang menekankan organisasi structural dari objek-objek yang menerima serta mengirim pesan (message). Kesimpulan: 1) Informasi yang disampaikan sama dengan sequencial diagram namun beda dalam pengambaran dan kegunaan saja, 2) Dalam diagram ini digambarkan hubungan antar objek dan actor dengan tidak memperhatikan waktu/urutan.

Diagram komunikasi menggunakan bentuk bebas dari objek dan link seperti yang digunakan dalam diagram Objek. Untuk menjaga pemesanan pesan dalam diagram formulir bebas semacam itu, pesan diberi label dengan nomor kronologis dan ditempatkan di dekat tautan pesan dikirim. Membaca diagram komunikasi melibatkan mulai dari pesan 1.0, dan mengikuti pesan dari objek ke objek.
Diagram komunikasi menunjukkan banyak informasi yang sama seperti diagram urutan, namun karena bagaimana informasi disajikan, beberapa di antaranya lebih mudah ditemukan dalam satu diagram daripada diagram lainnya. Diagram komunikasi menunjukkan elemen mana yang berinteraksi satu sama lain dengan lebih baik, namun diagram urutan menunjukkan urutan interaksi berlangsung dengan lebih jelas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

6. Sequence Diagram

5. State Chart Diagram

1. Pengenalan ADBO